Perlunya Memanage Talenta PWGT Menjadi Talenta Indonesia Hebat

TORAJA,PGI.OR.ID-Perlunya memanage talenta PWGT menjadi talenta Indonesia hebat, yang dapat mendorong kehidupan pariwisata, indrustri kecil, jadikan Pancasila dan Gereja Toraja menjadi rumah besar kita yang di dalamnya kita hidup, untuk bergerak bersama membangun visi damai dan sejahtera yang terus kita kejar.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Umum Pengurus Pusat Persekutuan Wanita Gereja Toraja (PP PWGT) Dice Kondorura, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) PWGT Wilayah III Makale, di Gereja Toraja Jemaat Ge’tengan, Mengkendek, tana Toraja, Selasa (30/7).

Lanjutnya, dunia yang kita diami sekarang ini terus berubah. Kita akan memasuki sebuah era yang powefull, dunia 4.0 yang berubah begitu cepat, dinamis, sarat dengan persaingan global. Sebab itu, sasaran prioritas kita adalah bagaimana melayani keluarga agar potensi anggota keluarga dapat dieksplore menjadi sebuah kompetensi. Kita dipaksa untuk berubah sekalipun kita tidak suka untuk menjawab masalah tersebut. “Untuk itu, tinggalkan cara-cara lama yang tidak efektif mengelola organisasi. Jadi pemimpin yang biasa tetapi tindakannya luar biasa,” tegasnya.

Lebih jauh Dice mengungkapkan, analisa apa yang kita sudah lakukan selama ini, dan kekurangannya, akan mendorong kita melahirkan program baru. “Efektifkan yang tidak efektif, efisienkan yang tidak efisien selama ini, kita harus produktif, fleksibelitas yang tinggi dalam menghadapi perubahan perubahan itu. Sebab itu, ambil lompatan lompatan sesuai yang kita imani dalam menangkap program Jokowi ke depan yaitu manajement SDM, mulai dari ibu hamil, memelihara 1.000 hari pertama kehidupan, PAUD, karena itu merupakan golden old, gadget dan komunikasi tidak akan dapat menggantikan sentuhan dan pelukan kita terhadap anak, agar generasi kita tidak stunting, bayi yang dilahirkan tidak meninggal, tidak Narkolema atau Narkoba lewat mata,” jelasnya.

Pelaksanaan Pesparawi PWGT Wilayah III Makale

Pesparawi PWGT Wilayah III Makale diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Soleman Manguling, M.Th. Sementara itu, Ketua Panitia Dorce Limbong Lebok dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 23 Klasis se-Wilayah III Makale dan ada tiga klasis yang tidak bisa hadir. Dan, kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan ini didukung oleh Kaum Bapak Gereja Toraja Jemaat Silo Ge’tengan dengan membentuk Tim Kerja untuk menyiapkan tempat dan mengurus urusan konsumsi. Hal ini sebagai bentuk kebersamaan ditengah tngah kehidupan berjemaat.

Turut memberikan sambutan dalam kegiatan ini adalah Ketua Wilayah III Makale Pdt. Soleman Manguling, M.Th, Ketua Umum PP.PWGT, Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara.

Acara Pesparawi Wilayah III Makale ini diikuti oleh 23 Klasis dari 26 Klasis sewilayah IIIMakale, dengan 3 Kategori, yaitu Kategori A diikuti 7 Klasis, Kategori B 13 Klasis, dan Kategori C 3 Klasis. Dari masing-masing Kategori terpilih klasis yang akan lanjut ke Pesparawi Tingkat Pusat yaitu : Kategori A: Klasis Makale Utara, Makale, Makale Tengah, Mengkendek, Sillanan dan Rano. Kategori B: Klasis Sangalla Barat, Sangalla, Gandangbatu, Bittuang, Ulusalu, Mengkendek Utara. Kategori C: Klasis Mengkendek Timur, Malimbong, ABBA.

Pewarta: Aleksander Mangoting

Editor: Markus Saragih