PKBGT Adakan Pembinaan bagi Jemaat Korban Gempa dan Tsunami

SULTENG,PGI.OR.ID-Semua masyarakat yang tinggal di daerah yang terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu, menghadapi pergumulan yang cukup berat dalam menata kehidupan sehari-hari. Bagaimana memenuhi kebutuhan makan dan minum karena sumber pendapatan sebagian besar rusak. Sebab itu, warga jemaat sangat membutuhkan pendampingan, dalam hal pembinaan dan pelatihan untuk ketahanan pangan. Artinya ketahanan dalam menyambung kehidupan.

Hal tersebut diungkapkan Agustinus Sitayan, Albert dan Pither tiga orang majelis gereja, yang selama ini banyak menangani dan mengurus warga jemaat, saat pembinaan yang dilaksanakan di gedung Gereja Toraja Jemaat Jono Oge, gedung Gereja Toraja Jemaat Omu, dan Gereja Toraja Jemaat Sidondo, (11-13/9). Dalam pembinaan yang berlangsung selama tiga hari ini, selain dihadiri kaum bapak juga ibu ibu dan pemuda.

Pembinaan kali ini dikoordinir oleh pengurus Persekutuan Kaum Bapak Gereja Toraja (PKBGT) Klasis Sulawesi Tengah, dan menghadirkan Pnt. Aleksander Mangoting sebagai fasilitator di ketiga lokasi pembinaan, dan masih akan dilaksanakan di dua lokasi yaitu di Watukilo, dan Watatu (18-20/9).

Berdasarkan diskusi dan kesepakatan dari tiga kali pembinaan, yang berlangsung penuh kekeluargaan ini, disepakati antara peserta dari jemaat dengan fasilitator untuk ke depan dilakukan pelatihan berdasarkan kebutuhan setiap jemaat. Artinya, langsung praktik sesuai kebutuhan, dan akan disiapkan lebih awal. Jadi kegiatan pelatihan ini yang akan langsung diaplikasikan dalam kehidupan warga jemaat khususnya PKBGT sebagai bagian dari bentuk kegiatan ketahanan pangan bagi warga Gereja.

Dalam bagian sambutan, Ketua PKBGT Klasis Sulawesi Tengah, Pnt. Elisa Bunga Allo, yang merupakan anggota terpilih DPRD Sulawesi Tengah, mengharapkan kerjasama dan kesabaran kita semua dalam menghadapi persoalan ini sambil berusaha siapa tahu ada alternatif dalam kerangka keluar dari persoalan ekonomi jemaat.

Pewarta: Aleksander Mangoting